Sabtu, 18 Februari 2012

TIPS BERPAKAIAN UNTUK WANITA GEMUK

Setiap wanita tentu ingin tampil cantik dan menarik. Salah satu aspek yang sering diperhatikan dalam berpenampilan adalah masalah bentuk tubuh. Bentuk tubuh yang bagus, ramping, langsing dan ideal, biasanya akan semakin menunjang penampilan, sehingga membuat wanita merasa lebih percaya diri. Namun, tidak semua wanita memiliki bentuk tubuh yang ramping, bukan? Bagaimana dengan wanita-wanita yang tidak langsing dan memiliki tubuh dengan ukuran yang agak besar? Apakah mereka tidak bisa tampil menarik dan percaya diri? Saya rasa tidak, karena banyak tips dan trik yang bisa dilakukan agar mereka bisa terlihat lebih ramping dan langsing.

Jika Anda termasuk ke dalam kelompok wanita yang bertubuh besar, jangan khawatir. Anda hanya perlu memilih gaya busana beserta aksesoris dan riasan yang pas agar dapat terlihat lebih ramping. Dengan demikian, segala kelebihan tubuh Anda dapat lebih ditonjolkan, dan kekurangan yang ada bisa disamarkan. Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba :

Makeup
Makeup merupakan salah satu unsur yang cukup penting dalam menunjang penampilan. Anda yang bertubuh besar biasanya juga memiliki bentuk wajah yang agak gemuk. Untuk itu, gunakan eyeshadow, eyeliner dan maskara yang lebih menonjolkan dan memperbesar area mata. Bagian mata yang lebih ditonjolkan tersebut akan membuat wajah Anda terlihat lebih kurus. Hindari menggunakan blush on pada bagian tulang pipi. Hindari juga menggunakan blush on dengan sapuan dari arah belakang tulang pipi ke arah alis.
Anda juga dapat menggunakan bronzer untuk memberi warna pada kulit wajah. Bronzer atau bronzing powder adalah sejenis bedak berwarna tembaga dengan kilau keemasan. Selain bronzer, Anda juga bisa menggunakan tanning sehingga kulit terlihat berwarna kecoklatan. Bronzer atau tanning dapat Anda gunakan pada bagian pipi dan ini akan memberi kesan lebih panjang pada wajah Anda sehingga terlihat lebih kurus.



Kaki
Bentuk kaki yang agak pendek dan besar bisa mengganggu penampilan Anda. Terlebih jika Anda harus mengenakan pakaian yang memperlihatkan kaki Anda. Untuk menyamarkan kekurangan pada kaki Anda tersebut, Anda dapat menggunakan make up pada kaki. Kedengarannya mungkin memang agak aneh. Namun, Anda perlu tahu bahwa trik ini cukup ampuh untuk membantu Anda terlihat lebih ramping. Beri garis sepanjang kaki Anda tepatnya pada bagian tengah kaki (bagian tulang kering) dengan menggunakan minyak, sehingga akan terlihat lebih mengkilap. Efek glow ini akan membuat kaki Anda terlihat lebih panjang, sehingga Anda bisa terlihat lebih ramping.
Wanita yang memiliki betis besar dapat mengakali penampilannya agar bisa tampil lebih percaya diri. Cara mengakalinya adalah dengan menghindari busana yang fokus di daerah sekitar betis. Misalnya, hindari memakai legging, skinny jeans, baloon skirt. Hindari pula ankle strap shoes. Gunakanlah pakaian yang lebih menonjolkan tubuh bagian atas. Pakailah atasan yang berdetail menarik, menggunakan aksesoris yang mencolok, obi untuk mempertegas garis pinggang. Yang terpenting, gunakan pula sepatu yang berhak tinggi agar tubuh dan kaki terkesan lebih panjang dan ramping.



Rambut
Bagian yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah masalah rambut. Rambut yang kusut, berantakan, dan susah diatur biasanya akan membuat wajah Anda terlihat lebar. Namun, Anda dapat menyiasatinya dengan memilih model rambut yang dapat membuat wajah terkesan lebih kecil dan lebih panjang. Anda juga dapat menggunakan gaya rambut yang disisir ke belakang. Pastikan Anda memilih potongan rambut yang pas dengan bentuk wajah Anda, yaitu model gaya rambut yang akan memberikan kesan lebih panjang dan lebih ramping pada wajah Anda.


Warna pakaian/busana
Hindari pakaian dengan warna yang terlalu terang. Busana yang terlalu terang dan cerah akan semakin memperlihatkan daerah-daerah yang ingin Anda samarkan. Warna baju hitam dan biru laut merupakan pilihan yang paling tepat untuk membuat tubuh terlihat lebih ramping. Warna gelap pada pakaian bawahan (rok atau celana) akan menambah kesan tinggi pada tubuh Anda. Jika Anda kurang menyukai warna-warna tersebut, Anda bisa memilih warna lain, namun pastikan Anda memilih warna dengan nada yang sama.



Motif atau corak pakaian
Pilih pakaian dengan motif atau corak bergaris vertical. Tips dan trik ini telah banyak dilakukan orang-orang agar tubuhnya yang gemuk terlihat lebih kurus. Perhatikan pula ukuran dan jarak antar garis vertical tersebut. Ukuran garis yang tebal (tidak tipis) dan jarak antar garis yang cukup lebar tidak cukup efektif untuk membuat Anda terlihat lebih ramping. Oleh karena itu, pilih motif garis vertical yang bergaris tipis dan berjarak agak rapat. Kenakan rok, celana (pants), blus, t-shirt dan bahkan gaun bergaris. Motif garis vertical ini juga akan membuat tubuh Anda terkesan lebih tinggi. Agar bisa terlihat lebih tinggi Anda juga dapat menggunakan celana yang panjang dan agak menutupi sampai ke bagian sepatu. Selain motif garis vertical, Anda juga bisa menggunakan motif garis-garis asimetris seperti tunik untuk memberi kesan panjang pada bagian atas tubuh.


Ukuran pakaian
Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran pakaian yang Anda gunakan. Banyak orang memilih pakaian yang terlalu ketat atau terlalu longgar agar dapat terlihat ramping. Hal tersebut tentu tidak tepat, karena pakaian yang terlalu ketat justru akan semakin memperlihatkan kekurangan-kekurangan pada tubuh Anda, sementara pakaian yang terlalu longgar hanya akan semakin menutupi kelebihan dan kekuatan yang seharusnya bisa Anda tonjolkan. Ini tentu akan semakin menambah kesan besar pada tubuh Anda. Untuk itu, orang yang berbadan besar sebaiknya menggunakan pakaian yang berukuran cukup pas (tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar) dan sesuai dengan ukuran tubuh Anda.


Rok
Jika Anda menyukai rok, hindari rok yang terlalu pendek atau terlalu panjang. Rok yang terlalu pendek akan membuat kaki Anda terlihat lebih tebal (besar), sementara rok yang terlalu panjang hanya akan menambah volume tubuh dan terkesan gemuk.


Blazer dan cardigan
Blazer yang berwarna gelap merupakan pilihan yang cukup baik, karena akan menonjolkan bentuk tubuh seperti menonjolkan pinggang dan pinggul. Kardigan juga akan memberikan efek/kesan merampingkan tubuh. Anda dapat memilih model kardigan dengan model potongan yang lebih panjang.
Postur
Postur tubuh merupakan elemen yang sangat penting dari penampilan seseorang. Yang dimaksud postur di sini adalah sikap dan pembawaan tubuh. Postur tubuh yang kurang baik jelas tidak akan membantu Anda untuk terlihat lebih ramping. Selain itu, hal tersebut juga mencerminkan rasa tidak nyaman dan kurangnya kepercayaan diri. Oleh karena itu, berdirilah tegak jika Anda ingin terlihat lebih ramping dan gaya.


Sepatu hak tinggi
Sepatu dan sandal bertumit tinggi adalah pilihan wajib bagi setiap wanita yang ingin terlihat lebih ramping. Selain lebih ramping, pilihan ini tentu akan membuat tubuh Anda terlihat lebih tinggi. Jika Anda merasa agak kurang terbiasa dan tidak nyaman memakai sepatu bertumit tinggi, Anda bisa mencoba sepatu dan sandal yang tumitnya agak rendah.


Aksesoris
Bermainlah di aksesoris jika Anda ingin menonjolkan kelebihan-kelebihan pada tubuh Anda. Beberapa macam aksesoris yang dapat digunakan seperti perhiasan, syal, ikat pinggang, topi, dan lainnya. Gunakan aksesoris pada bagian tubuh yang ingin Anda tonjolkan dan sebaliknya jangan gunakan aksesoris pada area/bagian tubuh yang ingin disamarkan. Misalnya, bagi Anda yang memiliki pinggang yang besar sebaiknya tidak menggunakan terlalu banyak aksesoris pada bagian pinggang dan perut.
Itulah beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk menyamarkan bentuk tubuh Anda agar terlihat lebih ramping dan langsing. Dari semua tips yang telah dipaparkan di atas, yang terpenting dan tetap harus dimiliki oleh semua wanita adalah rasa penerimaan diri sendiri sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang telah diberikan Tuhan. Dengan demikian wanita tersebut bisa tampil lebih percaya diri dan jauh lebih menarik dengan aura positif yang dipancarkan tersebut. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. asik juga tuh tips nya....

    kalau misal pakai blazer atau cardigan bagus ga bagi orang gemuk..hihihi

    tolong replay by email ya sis...
    thank u
    http://busanamuslimahaven.blogspot.com/

    BalasHapus